Membuat Dragbar (tandu usungan)


Bragbar (Inggris) atau dalam bahasa Indonesia disebut juga Tandu Usungan, merupakan salah satu perlengkapan yang vital dalam Kepramukaan. Dragbar berfungsi sebagai pelengkap dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). 
Simpul yang wajib dikuasai adalah simpul pangkal dan simpul jangkar. Peralatan untuk membuat tandu diantaranya; 
1) Dua tongkat pramuka standar (+ 160 cm), dapat juga diganti bambu atau kayu yang lain dalam keadaan darurat dengan panjang disesuaikan dengan tinggi korban,
2) Dua tali pramuka masing-masing 5 m ; jika perlu ditambah dua buah potongan tongkat + 50 cm untuk bantalan kaki dan kepala.
Cara membuat Dragbar cukup sedehana, berikut petunjuk ringkas membuat Dragbar yang sering Tenda Tunas Praktekkan dalam kepramukaan;
a) Simpul dan ikatan yang dibuat diusahakan selalu kuat (tegang)sehingga tandu akan mampu menahan beban korban dengan baik. 
b) Jarak ikatan pada tongkat sebaiknya dekat (+ 15-20 cm) agar beban tali tidak terlalu besar. 
c) Tali sebelah kiri/kanan tetap di sebelah kiri/kanan
d) Dalam keadaan darurat, ketika kekurangan tali sebagai penyangga dapat mengunakan baju/kaos/kain apa saja, atau ikat pinggang yang disusun secara rapi sebagai ganti dari tali pramuka.
e) Ingat, dalam pembuatan Bragbar harus senantiasa dipertahankan jarak antar tongkat minimal 50 cm atau selebar pinggang ditambah satu kepalan tangan.
Ada tips utama dari Bawah Tenda Tunas, selalulah  membuat simpul dan ikatan menggunakan rumus KRR, Kuat, Rapi, dan Rapat.
Previous
This is the oldest page

2 komentar

Click here for komentar
Mia Delapan
admin
1 Mei 2013 pukul 15.45 ×

izin copas kak... salam pramuka

Reply
avatar
Unknown
admin
5 September 2013 pukul 13.09 ×

Wenehi gambar nuw maknyus bro jane @gien

Reply
avatar

Silahkan tinggalkan pesan kakak !! ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Thanks for your comment
Recent Posts Widget